Pengertian Blocking

Pengertian Blocking

Kategori : Bola Voli

Beragam istilah dalam dunia Olahraga selalu membingungkan banyak pembaca. Tidak terkecuali dengan istilah yang ada di olahraga bola voli.

Bola voli modern banyak menelurkan istilah yang berbau barat karena memang sejarah bola voli datang dari eropa. Seperti halnya Blocking dalam bola voli.

Blocking awalnya dari kata block yang berarti menahan. Jadi blocking adalah menahan serangan lawan yang ingin mencetak poin.

Blocking dalam bola voli adalah teknik untuk menahan serangan lawan agar bola bisa kembali ke bidang lawan atau melambat sehingga bisa diterima oleh kawan dengan baik.

Blocking tidak bisa begitu saja dilakukan tanpa adanya dasar yang jelas. seorang blocker harus bisa membaca arah bola lawan ketika smash. Untuk bisa melakukan blocking dengan baik, bisa memulai dengan cara berikut ini.

Cara Blocking bola voli yang benar

  1. Perhatikan lawan yang akan melakukan smash. Usahakan badan tidak terlalu renggang dengan net dan tidak terlalu dekat.
  2. Lakukan perkiraan lompatan ketika bola sudah di umpan oleh toser lawan.
  3. Lompat dan angkat kedua tangan sembari membaca pukulan bola. Posisi kedua lengan saat membendung bola voli adalah lurus keatas.
  4. Usahakan bola kena dan memantulkan ke daerah lawan atau melambat ke daerah sendiri untuk selanjutnya bisa di umpan kembali.
  5. Kembali ke posisi sebelumnya dengan bersiap.

Kesalahan dalam blocking menyebabkan poin bagi lawan. Seringnya kesalahan karena kurang siap dalam menghadapi serangan. Terkadang juga posisi sedang tidak tepat atau terlalu dekat dengan net.

Semakin banyak yang melakukan block semakin baik untuk bisa menahan serangan. Yang sering dilakukan pada permainan bola voli adalah blocking tunggal dan blocking ganda. Dimana blocking ganda lebih efektif dalam menahan serangan daripada blocking tunggal yang hanya dilakukan satu pemain.

Blocking tidak hanya membutuhkan teknik saja namun insting dalam bermain bola voli. Ketepatan waktu di udara untuk menahan bola bisa jadi senjata utama untuk meraih poin sehingga tidak mengandalkan serangan saja tetapi menjadi block sebagai serangan.


Kembali Ke Bolanews